Ssst..!!! Puting Pria Terasa Nyeri, Awas Kanker Payudara

Editor: kairos author photo

 

Pria pun rentan menderita kanker payudara. foto | klikdokter

kairos - TERNYATA pria juga bisa mengalami nyeri di puting payudaranya. Untuk tahu apa saja penyebab dari kondisi itu, simak penjelasannya di sini.

Sebagai orang awam, mungkin kita berpikir bahwa masalah pada puting payudara hanya dialami oleh wanita. Padahal, pria juga bisa merasakan hal-hal seperti puting nyeri, gatal, dan bahkan bengkak.

Mengapa kondisi-kondisi itu bisa terjadi? Simak beberapa kemungkinan penyebab puting laki-laki terasa sakit berikut:

1. Pakaian yang Terlalu Ketat

Tidak seperti wanita yang putingnya terlindungi bra (BH), puting pria langsung bergesekan dengan pakaian yang dikenakan.

Apabila pakaiannya terlalu ketat dan dikenakan untuk berolahraga, gesekan yang terjadi akan makin kuat. Alhasil, kadang timbul rasa nyeri pada puting.

2. Trauma

Trauma menunjukkan adanya gangguan fisik, contohnya akibat perlukaan atau pergesekan. 

Perlukaan pada puting payudara laki-laki cukup jarang terjadi, namun terkadang hal ini bisa terjadi pada kasus tertentu. Misal, pada saat proses pencukuran atau penghilangan bulu pada area dada.

3. Tak Cocok dengan Bahan Pakaian

Salah satu penyebab puting laki-laki terasa sakit adalah sensitif terhadap bahan pakaian tertentu. 

Jika area itu langsung bergesekan dengan bahan pakaian yang kasar, puting akan terasa gatal dan lama-kelamaan nyeri. 

4. Infeksi Puting

Infeksi puting juga bisa menjadi penyebab sakit pada puting payudara pria. Contohnya adalah pasca pencukuran bulu di area dada dan sekitar puting. 

Apabila proses pencukuran dilakukan dengan pisau yang tidak bersih, maka dapat menyebabkan masuknya kuman ke folikel rambut di sekitar puting. Akibatnya, terjadi infeksi yang menimbulkan gejala bengkak, merah, panas, dan nyeri.

Makanya, pastikan alat yang digunakan untuk mencukur bulu sudah disterilkan atau dalam kondisi higienis. 

Selain itu, proses mencukur perlu secara berhati-hati karena lecet dan luka akibat pisau cukur mudah memicu perdarahan di puting. Sebab, area puting dan sekitarnya memiliki banyak pembuluh darah. 

5. Kista Payudara

Rasa sakit pada puting payudara pria juga bisa disebabkan oleh kista. Kista bisa bermula dari infeksi. Selain nyeri, gejalanya bisa berupa terabanya benjolan lunak pada payudara. 

Terapi untuk kista sangat bergantung dengan jenis kista tersebut. Pemeriksaan fisik, bersamaan dengan mammogram bisa digunakan untuk menentukan ukuran dan lokasi kista. Bila ada kecurigaan lebih lanjut, biopsi juga mungkin diperlukan.

6. Ginekomastia

Ginekomastia bisa menjadi penyebab puting laki-laki terasa sakit. Ini adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan dan pertumbuhan yang tidak normal pada payudara pria. Akibatnya terjadi perubahan pada bentuk dan ukuran payudara. 

Kondisi ini bisa dialami pria segala usia, serta dapat menimbulkan rasa nyeri pada payudara. 

Ginekomastia terjadi akibat ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Pemicu lainnya adalah obesitas, obat-obatan, alkohol dan penuaan. 

7. Penyakit Paget

Penyakit Paget, salah satu bentuk kanker pada payudara. Gejalanya hampir menyerupai kondisi eksim atau alergi sehingga sering kali sulit didiagnosis. 

Gambarannya pada payudara, yaitu kulit area puting dan areola berkerak serta pecah-pecah. Ada rasa gatal dan nyeri yang juga dirasakan pada area itu.

8. Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan bentuk benjolan di jaringan payudara dan tidak bersifat kanker. 

Fibroadenoma lebih sering dialami oleh wanita, namun pada kasus langka bisa terjadi pada pria. 

Benjolan ini dapat terasa membulat dan keras, serta bisa menyebabkan rasa nyeri pada puting dan payudara.

9. Kanker Payudara

Puting laki-laki yang terasa sakit bisa menjadi pertanda kanker payudara. Meski jarang terjadi, pria tetap bisa mengalami kanker payudara. Kebanyakan, kasus ini terjadi pada pria berusia 60 tahun ke atas. 

Pria yang lingkungan kerjanya rentan terpapar radiasi, punya riwayat kanker payudara di keluarga, dan punya penyakit sirosis hati juga lebih berpotensi mengalami penyakit yang satu ini. 

Selain puting sakit, payudara juga terasa keras dan padat. Kulit di area payudara juga berubah menjadi gambaran kulit jeruk. Bisa ditemukan pula keluarnya cairan dari puting dan ada pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. 

Jika Anda mengalami keluhan nyeri pada puting, maka penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter guna mencari penyebab utamanya. 

Sebab, penanganan akan sangat bergantung dengan penyebabnya. Apabila penyebabnya adalah trauma atau pakaian yang tidak nyaman, Anda tinggal menghindari sumbernya.  Semoga bermanfaat.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini