Baik untuk Jantung, Ini Manfaat Lainnya Buah Matoa untuk Kesehatan

Editor: kairos author photo

 

Manfaat buah matoa salah satunya  baik untuk jantung. foto | riausky

kairos - BUAH matoa mungkin terdengar asing bagi banyak orang, buah ini banyak ditemui di Papua Barat, Indonesia dan juga mempunyai sederet khasiat dan manfaat sehat. 

Jika rutin mengonsumsi buah ini disebut bisa membantu menjaga imunitas tubuh, melawan radikal bebas, hingga menjaga kesehatan jantung.

Sementara itu, buah matoa atau Pometia Pinnata berada dalam satu keluarga dengan buah leci dan kelengkeng. Ternyata, buah ini juga sudah lama dikenal dan digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Papua. 

Ada banyak kandungan nutrisi dalam buah ini, termasuk vitamin C dan E. Karena itu, mengonsumsi buah matoa disebut bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Selain itu, jenis buah ini ternyata ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, hampir semua buah yang memiliki kandungan vitamin C merupakan “sumber makanan” yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. 

Dengan sistem kekebalan tubuh yang terjaga, risiko terjadinya penyakit akan lebih rendah. Selain sumber antioksidan dan ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh, ada manfaat sehat lain dari buah matoa yang dirangkum dari Halodoc, Selasa (7/6/2022) yaitu: 

1. Lawan Infeksi Virus 

Kandungan nutrisi dalam buah matoa juga disebut bisa membantu melawan infeksi virus pada tubuh. Ada banyak jenis virus yang bisa menyerang tubuh dan meningkatkan risiko penyakit. 

Nah, mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, seperti matoa, nyatanya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi virus penyebab penyakit. 

2. Redakan Stres 

Selain memiliki rasa yang enak, buah yang satu ini ternyata bisa membantu menurunkan stres. Hal itu berkat kandungan vitamin E yang diketahui bisa berperan sebagai pereda stres. 

Saat sedang merasa tertekan, cobalah untuk mengonsumsi beberapa buah matoa dan rasakan manfaatnya.

3. Menambah Energi 

Ada kandungan gula dalam buah ini. Karena itu, mengonsumsi matoa disebut bisa membantu menambah energi, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat harus beraktivitas fisik atau saat akan berolahraga. 

Meski begitu, kandungan gula dalam buah cenderung sehat dan jarang memicu kenaikan gula darah secara berlebihan. 

4. Kesehatan Jantung Terjaga 

Lagi-lagi, manfaat sehat ini didapat dari kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah matoa. Makanan yang kaya akan vitamin E disebut bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Ditambah kandungan vitamin C yang bisa membantu peredaran darah. 

5. Kulit yang Lebih Sehat 

Bukan rahasia lagi, mengonsumsi buah-buahan bisa membuat kulit tampak lebih cantik dan sehat. Nah, hal ini juga bisa didapat dari mengonsumsi buah matoa. Seperti diketahui, baik vitamin E maupun vitamin C sama-sama dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

sumber\foto | rri\riausky

reporter | yey

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini