Bayi Baru Lahir, Berapa Kali Mandi Sehari? Nih Jawabannya

Editor: kairos author photo
Bayi baru lahir, berapa kali idealnya mandi sehari. Di sini jawabannya. foto | klikdokter

kairos - TAK sedikit orang tua yang belum tahu aturan tepat memandikan bayi baru lahir, termasuk berapa kali si kecil perlu mandi dalam sehari. Temukan penjelasannya di sini. 

Anjuran mandi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari, umum diterapkan pada anak-anak dan orang dewasa. Namun, pada bayi yang baru lahir, sebetulnya berapa kali frekuensi mandi yang dianjurkan dalam sehari?

Memandikan bayi merupakan momen yang menyenangkan sekaligus menegangkan, apalagi bila si kecil adalah anak pertama. 

Moment ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangun dan memperkuat bonding antara ibu dan bayi. 

Selain itu, mandi juga merupakan kebutuhan agar kebersihan bayi tetap terjaga dan tidak gampang terkena infeksi, terutama infeksi kulit, mengingat kondisi kulitnya yang masih sensitif.

Mandi pun bisa menstimulasi tumbuh kembang bayi, misanya saat ia menyentuh air dan mencium aroma sabun. Itu dapat melatih indra peraba dan penciumannya. 

Namun, sebaiknya bayi mandi berapa kali dalam sehari? Bagaimana tahap memandikan bayi dengan benar? 

Ternyata, bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan tiap hari. Cukup 2-3 kali seminggu dapat membuat bayi tetap bersih dan sehat.

Anjuran ini erat kaitannya dengan kulit bayi yang masih sensitif. Jika dimandikan terlalu sering, dikhawatirkan kulitnya akan menjadi kering dan mudah terkena infeksi kulit, seperti eksem atau dermatitis dan ruam popok.

Sebaliknya, jika orang tua tidak pernah atau sangat jarang memandikan bayi, maka risiko terjadinya infeksi kulit akan meningkat. Ditambah lagi dapat memunculkan ruam-ruam kemerahan pada lipatan-lipatan tubuh bayi.

Nah, lalu kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi? Sebetulnya orang tua dapat memandikan bayi kapan saja. 

Sebagian orang tua memilih jam mandi yang baik untuk anak di sore hari, agar bayi mereka bisa lebih rileks dan segera dapat beristirahat. Namun, mandi di pagi hari juga tidak masalah.

Tapi orang tua sebaiknya tidak memandikan bayi di waktu mereka seharusnya menyusu atau sesaat setelah menyusui. Ini penting agar bayi tidak rewel saat dimandikan.

Penting juga untuk dingat, sebelum tali pusar bayi jatuh, biasanya usia 1-3 minggu, maka para dokter menyarankan untuk menggunakan spons lembut untuk membasuh badannya. 

Setelah tali pusarnya terlepas, maka orang tua bisa memandikannya secara langsung ke air.

Suhu ruangan dan suhu air juga harus dicermati agar bayi tetap hangat. Ingat, bayi masih belum bisa mengatur tubuhnya sendiri. 

Selain itu, jangan berlama-lama memandikan bayi—maksimal 10 menit. Lebih dari itu, kulitnya bisa jadi kering dan bayi bisa kedinginan. Semoga info ini bermanfaat.

sumber\foto | klikdokter

reporter | yey

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini