Manfaat Kumur Air Garam, Bunuh Bakteri Oral Hingga Redakan Sariawan

Editor: kairos author photo

 

Ragam manfaat yang didapatkan saat kumur air garam. foto | detik

kairos - KUMUR air garam dianjurkan dalam banyak kondisi yang berhubungan dengan tenggorokan dan perut. Orang mengalami berbagai masalah termasuk batuk dan pilek, bisa coba berkumur dengan air garam sebagai pengobatan dini yang efektif. Selain itu, kumur air juga memiliki manfaat lainnya. Nah, berikut ini manfaat kumur air garam.

Kumur air garam ini dimanfaatkan secara luas sebagian besar orang karena merupakan pengobatan yang hemat biaya dan sehat yang dapat dilakukan oleh berbagai usia. Terlebih lagi kumur air garam ini tidak memiliki efek samping negatif. Oleh karena itu, kumur air garam ini lebih direkomendasikan daripada jenis kumur lainnya.

Ragam Manfaat Kumur Air Garam

Ada banyak manfaat kumur air garam yang mungkin sejumlah orang belum menyadarinya. Melansir dari berbagai sumber, mari simak berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Mempertahankan Tingkat pH

Larutan garam dan air berguna dalam menetralkan asam yang ada di tenggorokan dan membantu menjaga keseimbangan pH yang sehat dalam tubuh. Berkumur dengan air garam merupakan larutan basa sehingga asam berlebih yang dihasilkan di tenggorokan dapat dinetralisir.

Asam di tenggorokan ini diproduksi oleh bakteri yang ada di mulut yang masuk ke tenggorokan. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan kumur air garam.

2. Bersihkan Saluran Hidung

Lebih sering kita disuruh berkumur menggunakan air garam untuk meredakan flu biasa dan membersihkan sumbatan hidung yang terjadi. 

Air garam membantu menghilangkan lendir yang menumpuk di hidung, dan melegakan saluran pernapasan. 

Berkumur dengan air garam juga mengurangi peradangan dan kemacetan yang memberikan kelegaan pada tenggorokan. Hal ini juga berguna dalam menurunkan rasa sakit di tenggorokan yang terjadi selama hidung tersumbat. Berkumur dengan air garam membantu mengeluarkan bakteri dan virus berbahaya dari tenggorokan. 

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Berkumur air garam membantu meredakan infeksi tenggorokan dan masalah pernapasan yang terjadi di bagian atas saluran pernapasan. Ini membantu dalam mengurangi risiko infeksi dan virus dalam sistem pernapasan dan sistem pencernaan sampai batas tertentu.

Untuk ini, Anda perlu berkumur dengan air garam 3 kali dalam sehari, yang mana ini membantu mengurangi infeksi sekitar 40 persen. 

4. Amandel

Amandel, masalah tenggorokan yang cukup menyakitkan. Dalam kondisi ini, bagian belakang tenggorokan meradang karena infeksi bakteri dan virus.

Kondisi ini berarti memiliki dua benjolan di bagian belakang tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit saat menelan semua jenis makanan. Berkumur dengan air garam dapat mengurangi rasa sakit ini dan meringankan gejala infeksi amandel. 

5. Hilangkan Bau Nafas

Bau mulut, masalah serius karena dapat menyebabkan masalah gaya hidup dan dapat mempengaruhi kepribadian Anda. Bau mulut juga bisa karena infeksi bakteri atau masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan atau mulut. 

Makanya untuk memastikan Anda tidak menghadapi masalah sosial, lebih baik berkumur dua kali sehari dengan air garam untuk menghilangkan bau tak sedap yang keluar dari mulut. Ini juga menghilangkan infeksi bakteri yang terjadi secara oral yang berarti memiliki lebih sedikit risiko masalah gigi.

6. Sariawan

Sariawan sangat menyakitkan dan dapat mengganggu kenyamanan saat makan atau saat berbicara. Kumur air garam sangat efektif dalam mengobati sariawan dan mengurangi rasa sakit yang menyertainya.

Berkumur dengan air garam meningkatkan proses penyembuhan bisul dan memberikan kelegaan kepada orang tersebut dalam beberapa hari. Untuk ini, Anda perlu berkumur dengan air garam 3-4 kali sehari.

Demikian informasi mengenai manfaat kumur air garam yang mungkin belum diketahui banyak orang. Semoga informasi ini bermanfaat.

sumber\foto | suara \ detik

reporter | yey

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini