Roy Suryo Minta Maaf untuk Umat Buddha

Editor: kairos author photo

 

Roy Suryo. foto | pojoksatu

kairos – AKHIRNYA Roy Suryo minta maaf setelah bikin heboh dengan mengunggah meme stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi. 

Gambar meme stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi itu diunggah Roy Suryo di Twitter pada Jumat (10/6/2022). Tak pelak lagi, selama sepekan terakhir menjadi perbincangan publik di media sosial, bahkan jadi trending topik di twitter.

Lewat rilis kepada media dan diteken tim penasehat hukum, Pitra Romadoni Nasution, Roy Suryo memberikan klarifikasi sekaligus salah satu poinnya menyampaikan permintaan maaf kepada umat Buddha

“Bahwa untuk menghindari terjadinya adu domba dan provokasi pihak lain, terkait kritikannya di Twitternya mengenai tarif wisata Borobudur itu,” kata pernyataan tertulis pengacara dari Roy Suryo itu.

“Untuk itu Roy Suryo secara terbuka dan gentle berani meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi kepada masyarakat Indonesia terkait hal itu, lebih khususnya kepada umat Buddha yang dimungkinkan terkait akibat adanya meme itu,” kata pernyataan tertulis itu lagi.

“Meski meme yang dimaksud jelas-jelas bukan buatannya sebagaimana penjelasan teknis di atas,” katanya lagi.

“Sehingga, tidak ada rasa kebencian, kemarahan dan kesalahpahaman di antara kita terkait permasalahan itu, dikarenakan tidak ada sedikit pun niatan Roy Suryo dalam mengkritik kebijakan tarif wisata itu ke arah agama tertentu (SARA),” tambah dia.

Dalam rilis itu, Roy Suryo sekaligus menyampaikan apresiasi kepada Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi).

“Bahwa juga Roy Suryo mengucapkan apresiasi kepada HIKMAHBUDHI, dalam hal ini ketua umumnya bapak Wiryawan yang malah sudah mengomunikasikan langsung kepada Roy Suryo agar kondisi yang terjadi untuk tidak terpengaruh dengan situasi yang (sengaja) dibuat BuzzerRp yang ingin mengadu domba antar umat beragama,” katanya.

“Atas komunikasi yang sangat baik itu Roy Suryo mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya,” kata Pitra.

Sekadar diketahui, dalam unggahan itu, Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur jadi Rp 750 ribu.

“Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x ?? AMBYAR,” cuit Roy Suryo.

Tak pelak lagi, cuitan Roy Suryo soal stupa Borobudur mirip Jokowi itu direspons netizen. Tidak sedikit yang menilai Roy Suryo turut menghina Presiden Jokowi. 

sumber/foto | pojoksatu

reporter | agung

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini