Bukan Mendinginkan, Makan Es Krim saat Cuaca Panas Justru Bikin Suhu Tubuh Naik

Editor: kairos author photo

 

Menikmati es krim. foto | dunia masak

kairos - MAKAN es krim manis di musim panas bermaksud untuk mendinginkan. Walau memang mendinginkan di mulut, tetapi efeknya justru sebaliknya di tubuh.

Sebab pencernaan, baik untuk es krim atau makanan lain yang berkalori, akan berusaha keras membakar lemak, protein, dan gula yang dikandungnya.

"Ini semua tentang efek termis dari pencernaan dan penyerapan. Dan ketika kita mencerna, itu menciptakan energi dan panas. Dan karena itu, suhu tubuh kita bisa naik," kata ahli diet di University of Kansas Health System, Tara Marchello.

Namun, efeknya dapat diseimbangkan dengan menghidrasi tubuh.

"Tetap terhidrasi dengan air adalah prioritas. Apakah kamu cukup minum tanpa tambahan air bergula?" sambungnya, dilansir New York Post.

Makanan yang perlu dikonsumsi juga harus mengandung air untuk menghidrasi tubuh, seperti mentimun, tomat, beri, dan melon.

Jenis makanan tersebut memiliki kandungan air yang lebih tinggi dan menjaga tubuh sedikit lebih terhidrasi, yang membantu efek keseimbangan itu.

Minuman manis juga memiliki efek termis yang sama dari proses pencernaan dan penyerapan, di mana suhu tubuh selalu berusaha menyeimbangkan diri sendiri.

"(Makanan atau minuman) apa pun engan zat kalori apa pun, bahkan seperti limun, tentu saja lebih sedikit kalori, lebih sedikit lemak, lebih sedikit protein daripada es krim, tetapi pada akhirnya itu adalah gula," imbuhnya.

Di sisi lain, terlalu banyak makan es krim juga tidak menyehatkan tubuh. Jadi, disarankan untuk konsumsi secukupnya.

sumber\foto | dunia masak\suara

Share:
Komentar

Berita Terkini