Kebanyakan Makan Daging Kurban, Ini 7 Ciri-ciri Kolesterol Naik

Editor: kairos author photo

 

Pencernaan Anda mungkin sedang terganggu, salah satu ciri-ciri kolesterol naik. foto | suara

kairos - KOLESTEROL, salah satu jenis lemak dalam tubuh dan memiliki peran penting dalam tubuh. Namun jika kolesterol terlalu tinggi kadarnya, maka akan menyebabkan penyakit. Kolesterol dapat berasal dari makanan hewani seperti daging dan susu.

Terlebih lagi, pada momen Idul Adha ini, kolesterol naik menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai karena terlalu banyak makan daging kurban. 

Ciri-ciri Kolesterol Naik

Lantas, bagaimana ciri-ciri kolesterol naik? Simak jawabannya di sini.

1. Gangguan Pencernaan

Salah satu ciri-ciri kolesterol naik dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini berkaitan dengan ketidakseimbangan empedu yang jika dibiarkan akan menyebabkan batu empedu. 

2. Nyeri Sekitar Dada dan Lengan

Ciri-ciri kolesterol naik, nyeri di dada dan lengan. Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan nyeri dalam dada dan lengan. Nyeri akan lebih terasa jika penderita juga merasa tertekan atau stres yang berlebihan. 

3. Sakit Kepala atau Pusing

Gejala yang pada umumnya muncul sebagai ciri-ciri kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala ini sangat mengganggu dan sangat terasa berat hingga cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala ini akan membaik setelah kadar kolesterol berkurang.

4. Mudah Lelah

Kolesterol yang tinggi juga bercirikan tubuh yang mudah merasa lelah. Rasa cepat lelah ini muncul karena adanya pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi sehingga membuat aliran darah ke jaringan tubuh berkurang.

5. Nyeri di Kaki

Nyeri kaki juga diketahui sebagai salah satu ciri-ciri kolesterol naik. Nyeri kaki ini muncul karena adanya penumpukan plak pada pembuluh darah di kaki. Ciri-ciri kolesterol naik ini sering dialami si penderita.

6. Bercak Kuning di Bawah Kelopak Mata

Ciri-ciri kolesterol naik yang sangat terlihat adalah xanthelasma. Xanthelasma adalah bercak-bercak kuning di bawah kelopak mata. Terkadang warna kekuningan juga muncul di ujung mata.

7. Tengkuk Pegal

Ciri-ciri kolesterol naik salah satunya, yakni tengkuk pegal. Tengkuk yang pegal ini terjadi karena adanya penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan ini dapat menyebabkan terhalangnya aliran darah yang ada di leher menuju otak.

Itulah 7 ciri-ciri kolesterol naik. Jika mengalami ciri-ciri di atas sebaiknya memeriksakan diri untuk cek kolesterol apakah melebihi batas standar atau belum. 

sumber\foto | suara

reporter | yey

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini